Wednesday, May 27, 2020

Life Hacks: Menghilangkan jamur pada tas Longchamp Le Pliage Neo (nylon)

Hallo semua..
Pertama-tama Taqaballahu minna wa minkum dulu ya..
Selamat lebaran semua, semoga Covid cepet terkendali agar kita bisa bertemu orang-orang tersayang.

Jadi karena lebaran tidak kemana-mana, jadilah saya membereskan isi rumah. Kemudian menemukan tas saya dalam keadaan seperti ini.

Padahal tas ini saya taruh diluar ruangan, berarti rumah saya lembab banget dong. Ternyata saya cek si alat penyerap lembab di rumah udah penuh juga. Karena 2 bulan ga keluar-keluar juga, jadi ni tas terbengkalai.

Tampak depan dan belakang 😢😢😢😢


Setelah googling dan Youtube intinya sih dilap pake mould remover. Karena susah nyari mould remover (dan terlalu pelit untuk mengeluarkan uang) akhirnya cari alternatif lain. Kemudian saya menemukan ada yang dilap menggunakan larutan cuka, sayangnya tas tersebut berbahan kulit 😅😅😅 Ada yang menggunakan bahan pemutih, sayangnya tas saya warnanya tidak putih. Setelah berkutat agak lama mencari artikel dan menonton Youtube, saya simpulkan bahwa kebanyakan orang menggunakan soda kue, cuka putih dan air hangat untuk membersihkan jamur.

Bermodalkan bismillah, berikut ini yang saya lakukan untuk mencuci tas nylon saya.

Alat:
Baskom
Panci
sikat halus (saya pakai sikat gigi bekas)

Bahan:
1/2 cup Cuka putih
Sabun non detergen saya pakai Dr. Bronner atau bisa pake shampo (katanya ga boleh yang mengandung detergen karena merusak warna)
3 liter air

PS: takaran ga saklek mesti begini ya.. namanya juga eksperimen..

sabun dan cuka yang dipakai


Cara:

1. Hangatkan air, kalau panas merusak tasnya
2. Masukkan air ke dalam baskom dan masukkan cuka (air 3 liter, cuka 1/2 cup)
3. Rendam tas 30 menit. Usahakan pegangan tas yang berbahan kulit ga basah. (Biar awet kali ya, ini saya liat di youtube kalau mau cuci longchamp, yang bahan kulitnya semuanya diplastikin)

Pegangan jangan direndem/basah sama sekali


4. Bilas tas kemudian sikat halus seluruh permukaan tas dengan air sabun
5. Bilas lagi. Kemudian keringkan dengan handuk semua permukaannya.
6. Jemur di bawah sinar matahari. Karena kemaren mendung jadinya saya angin-anginkan di luar.

setelah dilap dengan handuk saya angin-anginkan


Hasil
1. Jamur hilang
2. Tidak ada bau cuka sama sekali




PS: itu gelembung-gelembung pada tas akibat pemakaian ya, bukan karena dicuci. Temen saya punya tas tipe ini juga penyakitnya sama. Bergelembung-gelembung gitu. Yang tipe lain justru lebih awet. 😢😢😢😢😢

Gelembung-gelembung yang muncul kalo udah lama dipakai

Sekian cerita hari ini, semoga bermanfaat.
Memel out!!!

No comments:

Post a Comment

Pengalaman Terbang ke Jakarta di masa "New Normal"

Waw besok aku di kick kalo ga posting hari ini. Ga sesuai tema gak apa-apa ya.. Jadi karena alasan keselamatan diri dan calon anak, gw terpa...