Saturday, February 1, 2020

Stockholm Syndrome di Bogor



Stockholm Syndrome disini bukan respon psikologis yak tapi restoran yang temanya Swedia. Berawal dari fika (coffee break dalam bahasa Swedia alias ngopi cantik) bersama teman-teman yang baru pulang dari Swedia, saya mendapatkan informasi bahwa ada restoran ala Swedia di Bogor. Awalnya saya pesimis dengan restoran ala Swedia ini. Tapi teman saya ini menyebutkan bahwa disana ada Semla (kue khas swedia yang bentuknya kayak kue sus tapi semla ini basenya roti cardamom dan krim almond yang cuma ada saat natal sampai paskah). Kalau kalian kebetulan lagi ada di Swedia saat Natal sampai Paskah, kalian harus nyobain ini karena di bulan lain mereka ga bikin. Saya berfikir kalau sampe ada Semla mungkin rasa makanan di Stokholm Syndrome lebih mendekati cita rasa Swedia soalnya di IKEA saja ga ada Semla ini.

Semla di Hollandia, Malmö, Swedia


Pada 1 januari 2020 disaat jakarta banjir besar kami berangkat ke Bogor, tentu saja jalanan sepi  karena sebagian masyarakat Jakarta sedang terjebak banjir. Sesampainya disana ternyata restaurantnya tidak terlalu besar tapi nyaman. Harga makanannyapun tidak terlalu mahal dibanding Swedia (kemudian digeplak netijen). Sayangnya kue kesayangan saya cuma ada pada saat weekend.





 
Dari menu terlihat menjanjikan soalnya beberapa makanan penyajiannya sama seperti yang disajikan di Swedia, salah satunya crepesnya yang toppingnya di luar.(detail yang sungguh tidak penting saudara-saudara)
Crepes di Malmö, Swedia

Kamipun memesan kue dan makanan yang kami rindukan.

Kannelbullar (cinnamon roll)
Kayaknya semua orang ga asing sama makanan ini yah, di Swedia kannelbullar ini sering sekali dijadikan cemilan kalau lagi fika. Di Swedia ada Kannelbullar dag  tiap tanggal 4 Oktober (cinnamon roll day).

Efek pengambilan foto aja ini, aslinya kecil tapi enak

Kannellbullar di Swedia Keliatannya sama aja tapi secara ukuran yang ini sebesar telapak tangan. Abis makan ini kenyang.

Kalau yang ini di Copenhagen,gedenya satu setengah telapak tangan saya.

Kesan: Yah kok kecil banget, soalnya di Swedia kannelbullar ini besar-besar tapi Alhamdulillah rasanya mirip. Cinnammonnya ga terlalu dominan dan ga kemanisan. Bahannya mahal kali ya jadi dibikinnya untuk 2x suap.


Kladdkaka

Kladdkaka ini salah satu kue yang dijadikan cemilan saat fika yang lebih dikenal dengan chocolate mud cake. Terinspirasi dari brownies tapi tengahnya masih benyek-benyek kayak molten cake gitu harusnya. Kadang disajikan dengan whipped cream atau es krim vanilla. Ga ada musimnya, tiap hari juga ada dimana-mana.

kladdkaka di Swedia, ini mah versi mevvahnya pake saus raspberry. Versi yang dibikinin teman udah keburu abis pas difoto 😅 Bisa di Googling sendiri yak.

versi Stockholm Syndrome yang lebih ke brownies waktu saya dateng


Kesan: terlalu lama dipanggang, soalnya sepengalaman saya makan kladdkaka kue ini harusnya agak seperti molten cake yang tengahnya agak cair. Ini lebih seperti brownies, maap yak kamu bukan selera saya. Selera kan beda-beda jangan berpatokan sama saya yak

Kyckling bullar

Kyckling bullar atau bakso ayam pasti temen temen udah pernah nyoba kalau di IKEA. Kalau di Swedia banyak versi frozennya dengan bermacam-macam jenis daging dan ada yang versi vegannya juga. Yang khas pasti udah taulah ya si selai cranberrynya.


 
Kesan: enak, cita rasa udah disesuaikan dengan lidah Indonesia tapi jadinya tetep enak dan tidak terlalu jauh sama aslinya. Mirip-mirip di IKEA lah tapi ini lebih wangi rempah. Saya pribadi suka yang versi ini karena saya kurang suka selai cranberry yang terlalu wangi kalau di Swedia.

Overall enak dan lumayan dijadikan tempat penawar rindu anak-anak yang pernah merantau ke Swedia yang pengen makan makanan Swedia. Bagi yang belum pernah tempat ini oke kok kalau mau icip-icip makanan khas Swedia.Tempaynya juga cozy untuk hang out.

Lokasi ada di Jl. Pulo Armin no. 15, Bogor, Indonesia 16143
Instagram : stockholmsyndromebgr
Buka setiap hari dari jam 09.00

Sekian review dari saya.
Memel out!!

No comments:

Post a Comment

Boros beli produk investasi bikin cuan!

Kata boros kedengarannya sangat negatif sekali ya. Padahal kalau kita boros dengan tepat bisa menghasilkan cuan loh. Bagaimana cara bo...